Menentukan jenis material untuk finishing plafond, lantai dan dinding Interior Boutique | Vika Harmony Arsitek, Surabaya

Menentukan jenis material untuk finishing plafond, lantai dan dinding Interior Boutique

Setelah tema desain interior sebuah boutique dipilih, jumlah produk yang akan dipajang ditentukan, maka sampailah pada langkah yang paling mengasyikkan bagi seorang desainer interior.  Saatnya team desain interior dari Vika Harmony Architect untuk menuangkan ide, menemukan solusi dan menterjemahkan boutique impian client dalam wujud nyata.

 

1. Finishing Plafond :

Kami memberikan pembahasan satu per satu untuk finishing. Dimulai dari finishing plafond. Salah satu ciri khas desain interior boutique team Vika Harmony Architect adalah penggunaan drop ceiling ( bentuk plafond yang diturunkan sebagian untuk mendapatkan tampilan yang indah serta membantu menampilkan pencahayaan yang dramatis ).

 

Bentuk plafond sendiri bermacam-macam mengikuti tema desain interior boutique, pada desain interior klasik modern dan desain interior vintage, bentuk plafond dengan garis lengkung jauh lebih manis. Namun plafond dengan bentuk lurus juga dapat mendapatkan hasil yang indah dengan menambahkan hiasan pada peralihan dinding dan plafond ( biasa disebut cornice ).

Untuk pemilihan warna plafond, team desain interior kami lebih memilih warna-warna pucat atau warna natural yang mendekati putih. Kenapa? Selain untuk mendapatkan efek pencahayaan yang maksimal. Seringkali Luasan boutique terbatas, sehingga semakin terang warna plafond membantu memberikan kesan Luas dan Lega pada boutique.

 

Untuk desain interior boutique dengan tema minimalis dan pop art warna plafond lebih fleksibel. Karena beberapa tema desain pop art menggunakan banyak warna, termasuk bagian plafond juga tidak lepas dari kesatuan tema tersebut. Sedangkan untuk desain dengan tema minimalis, warna natural tetap kami anjurkan.

Warna dan bentuk kadangkala juga mengikuti selera sang pemilik boutique. Jadi selain panduan utama, sebagai desainer, kami tetap memberikan pilihan terbaik untuk hasil maksimal.

 

2. Finishing Dinding :

Untuk finishing dinding, jenis material yang digunakan sangat bervariasi. Namun kami memberikan material yang paling sering kami aplikasikan di setiap proyek desain interior. Boutique dengan tema Vintage lebih tepat menggunakan wallpaper bermotif floral, motif ukiran yang sedikit padat, ataupun motif damask. Seringkali warna motif yang dipilih client adalah motif dengan warna emas atau perak. Warna dasar wallpaper sebaiknya dikombinasi antara mengikuti selera pemilik, konsep dari desainer interior dan kebutuhan ruang.

 

Untuk desain interior dengan tema klasik modern, penggunaan wallpaper juga masih favorit. Namun kami menganjurkan motif ukiran yang ringan, floral, atau motif garis-garis lengkung sederhana. Warna motif favorit pilihan client emas dan glitter tetap kami pilih untuk menampilkan nuansa mewah.

 

Selain penggunaan wallpaper, finishing dinding kedua tema diatas juga dapat menggunakan panel-panel dengan list sederhana untuk mempermanis nuansa ruangan.

Sedangkan finishing dinding untuk tema interior minimalis, warna dasar wallpaper sangat bervariasi. Baik warna terang dan gelap dapat diaplikasikan dan dikombinasi. Untuk motif wallpaper sendiri client cenderung memilih bentuk geometris sederhana. Alternatif selain wallpaper adalah menggunakan cat dinding berkualitas dengan warna unik, kemudian penggunaan wall sticker yang besar.

 

Untuk desain interior dengan tema pop art, kami memberikan banyak pilihan kepada client. Semua pilihan material cocok diaplikasikan dan warna warni ceria cenderung dipilih. Bahan finishing lain seperti wood plank ( lembaran panel kayu sintetis ), motif bata dekoratif untuk interior juga dapat diaplikasikan.

 

3. Finishing Lantai :

Bicara tentang finishing lantai, dapat dikatakan cukup variatif. Lantai kayu atau parquette adalah pilihan favorit client kami. Kesan mewah, hangat dan elegan dari warna serta tekstur kayu yang alami memang selalu sukses mencuri perhatian. Motif lantai kayu juga sangat bervariasi, semua mengikuti selera dan tema desain interior boutique secara keseluruhan.

 

Bagaimana dengan lantai keramik? Kenapa tidak? Keramik masa kini pun motifnya beragam. Keramik dengan warna natural kami rekomendasikan untuk desain interior boutique bertema Vintage dan Klasik Modern. Ada salah satu boutique karya kami menggunakan kombinasi lantai kayu dan keramik berwarna natural. Hasilnya sangat elegan.

 

Untuk desain interior boutique bertema minimalis dan pop art, material lantai lebih kami rekomendasikan keramik atau lantai kayu. Bahan lain yang kami rekomendasikan adalah penggunaan karpet dengan motif serta warna yang tepat agar memberikan hasil yang maksimal. Semua pilihan finishing lantai yang kami berikan juga menuntut kombinasi antara keinginan pemilik, konsep dan desainer interior serta ketepatan pemilihan bahan pada kondisi ruangan interior itu sendiri.