Griya Asri | Vika Harmony Arsitek, Surabaya
griyasri-370x278

Griya Asri

Griya Asri G4 No.8 
Pakuwon City – Surabaya
130 m2

Rumah tinggal di salah satu kawasan perumahan milik developer besar Pakuwon, di sisi timur Surabaya ini awalnya adalah lahan dimana awalnya telah berdiri rumah asli. Kemudian sang pemilik memilih untuk merubuhkan rumah asli dan membangunnya kembali. Konsep modern tropis dipilih untuk membangun rumah baru ini. Dimulai dari denah yang mengikuti kebutuhan keluarga kecil, rumah ini memiliki 3 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan yang nyaman. Rumah ini juga dilengkapi dengan carport kapasitas 1 buah mobil.

Sang pemilik ingin agar sirkulasi udara di rumah ini bagus, berlimpah cahaya matahari dan nyaman, mengingat cuaca Surabaya yang panas dan lokasi yang dekat dengan laut. Hasilnya team desain Vika Harmony Architect membuat layout ruang yang mengalir, sederhana dan tanpa batas untuk mengakomodasi kebutuhan ruang. Setelah layout ruang selesai, kami memulai mendesain bagian facade atau tampak depan. Karena rumah berada di lahan kavling, maka satu-satunya yang bisa ditampilkan hanyalah bagian tampak depan. Di bagian kamar, kami membuat tekukan untuk jendela kecil. Pemilik rumah juga menginginkan adanya bay window, sebagai tempat duduk santai untuk membaca buku di salah satu kamar tidur. Sedangkan pada kamar utama yang terletak di lantai dua, kami menempatkan sebuah balkon dan rak sebagai aksen di dalam ruangan.

Konsep desain rumah minimalis dengan sentuhan modern tropis dipilih team arsitek dan client untuk mencapai kesepakatan facade. Hasilnya jendela tinggi dengan frame aluminium berwarna cokelat tua dipilih sebagai bahan yang mewakili konsep tropis. Pada bagian facade, kami team arsitek juga menambahkan batu traverntine yang sedang trend pada desain di awal tahun 2015 ini. Sedangkan untuk pemanis, arsitek menggunakan batu susun sirih sebagai pelapis salah satu sisi dinding. 

Team Vika Harmony Architect masih harus bersabar untuk melihat hasil akhir dari rumah tinggal ini, karena saat ini masih dalam proses pembangunan.